Selasa, 03 April 2012

Serat Pranacitra - Roromendut, th. 1888.

'rare book' menampilkan buku langka atau buku tua (124 th) berjudul "Serat Pranacitra" yang sangat populer di masyarakat Jawa.
Buku ini menceritakan kisah percintaan yang pernah terjadi pada masa kerajaan Mataram, yaitu cinta segi tiga antara gadis bernama Roromendut, perjaka bernama Pranacitra dan Tumenggung Wiraguna, senopati prajurit Mataram, yang berhasil menaklukan Pati dan memboyong putri cantik, Roromendut ke Mataram.
Kisah Pranacitra ini disingkat oleh C.F. Winter, dikoreksi dan ditulis oleh Mas Kartasubrata, dicetak di oleh Van Dorp & Co di Semarang dalam bahasa dan aksara Jawa pada th. 1888.
Sekuel yang paling terkenal adalah saat Roromendut jualan rokok, yang paling laris adalah rokok bekas yang diisap oleh Roromendut, semakin pendek semakin mahal. Kenapa? Lihat 'Pranacitra, Raramendut, W. Churchil dan Puntung', yang sudah di upload lebih dulu.
Kisah Pranacitra dalam buku ini disusun dalam bentuk tembang Jawa, Macapat. Dibawah ini adalah sebagian dari halaman awal dan sebagian halaman akhir dari buku Serat Pranacitra.








Buku langka atau buku tua koleksi 'rare book' ini berukuran 15.5 x 23 cm, berisi 32 halaman untuk daftar isi dan nomer tembang + 205 halaman kisah Pranacitra dalam tembang + 8 halaman untuk ralat.
Buku tua ini menurut saya, dulu banget, pernah diganti kulitnya tapi kwalitas pengerjaanya bagus.

i.gr. 03.00*

1 komentar:

  1. Buku bukunya memang tua banget nih, kalau yang di atas 1900 pernah punya. Tapi kalau sebelumnya kayaknya belum nih.

    BalasHapus

Silahkan berkomentar disini