Selasa, 21 Agustus 2012

Babad Tanah Djawi, 'babon' Rd. Panji Jayasubrata, oleh Van Dorp.

Masih meneruskan 'serial' Babad Tanah Djawi, 'rare book' menampilkan buku langka Punika Serat Babad Tanah Jawi yang 'babon'nya (kitab induk) berasal dari Raden Panji Jayasubrata, Wedana distrik Magetan. Buku ini diterbitkan oleh G.C.T. Van Dorp & Co. N.V., pada th 1917. Covernya sudah pernah diperbaiki.

Pada halaman depan, tertulis : "Punika Serat Babad Tanah Jawi, angka 1. Anyariosaken awit keraton Pajajaran saengga dumugi . . . sedanipun Sultan Pajang. Ingkang nyaosi babonipun, wedana distrik Magetan, Raden Panji Jayasubrata" (gambar bawah kiri). Terlihat stempel dan tanda tangan menunjukan bahwa buku ini pernah menjadi milik Asisten Wedana Windusari, Kedu (gambar kanan dan Kiri).


Sayangnya, buku langka Babad Tanah Jawi dari babon Rd. Panji Jayasubrata ini, rare book hanya ada 2 jilid.
Jilid 1, dimulai dari Keraton Pejajaran, Rajanya bertemu dengan Pendeta sakti sampai wafatnya Sultan Pajang. Sedang jilid 2, dimulai penggantinya Sultan Pajang oleh Putra Mantu, sampai Martalaya diutus Sultan Agung menaklukan Tuban.


Sebelah kiri adalah gambar halaman awal, dimana cerita/babad dimulai, diberikan keterangan jenis lagu (tembang jawa), yaitu Pupuh Sinom, dilengkapi dengan ornamen yang menarik.

Gambar sebelah ini adalah cover Babad Tanah Jawi yang sama, tapi terbit belakangan. Bedanya, yang terbit belakangan, keterangan terletak dibawah, menggunakan huruf cetak dan tidak menyebutkan tahun penerbitannya, sedang buku yang terdahulu menggunakan huruf Jawa dan mencantumkan tahun penerbitannya.

6 komentar:

  1. Mbak Norma, trims, memang menarik, beruntunglah bagi yang bisa menikmati, salam.

    BalasHapus
  2. Balasan
    1. Mas Aris Lukman, mohon maaf, yang ditampilkan disini masih dikoleksi sendiri, tapi silahkan kalau mau lihat langsung. Trims atas kunjungannya.

      Hapus
    2. saya sedia buku langka babad tanah jawa,, klo berniat hub 0856.286.2212

      Hapus
  3. sya sedia buku aslinya Babad tanah jawa,, klo berminta hub . 0856 286 2212

    BalasHapus

Silahkan berkomentar disini