Minggu, 26 Agustus 2012

Sejarah Tanah Jawa (Cuplikan) oleh W. Fruin Mees.

"Geschiedenis van Java", judul buku langka koleksi 'rare book' ini populer di kalangan ahli sejarah maupun di kalangan penggemar buku langka. Biasa disebut Babad Tanah Jawi juga, walupun sebenarnya judul tersebut dikoreksi oleh penulisnya sendiri karena ada kesalahan saat dicetak (baca kata pengantar di jilid II), harusnya judulnya menjadi "Schets van Java's Geschiedenis" artinya "Sketsa/Ikhtisar Sejarah Tanah Jawa" (maaf kalau keliru), karena isinya adalah cuplikan dari tulisan yang sudah ada mengenai Sejarah/Babad/Hikayat tanah Jawa.
Koleksi 'rare book' ada 2 edisi, yaitu bahasa Belanda terbitan th. 1920 dan bahasa Jawa menggunakan huruf Jawa, jilid I terbitan th. 1921 sedang jilid II terbitan th. 1923.

Dalam edisi bahasa dan huruf Jawa, tertulis judulnya 'Babad Tanah Jawi, kaimpun dening W. Fruin Mees'.









Berikut adalah gambar2 yang ada didalam buku2 tersebut.








Diatas adalah gambar Pasar Besar di Bantam (Banten). Sedang gambar dibawah adalah gambar situasi saat Raja Tuban menerima Belanda th. 1599.





Gambar dibawah ini adalah peta situasi Keraton Pakuan Pejajaran dan peta wilayah Kediri dan Daha.

8 komentar:

  1. salam kenal pak mahfud, kakek saya kebetulan memiliki buku sedjarah tanah djawa ini, kondisi 65% baik dan beliau ingin saya menyerahkan buku ini kepada kedutaan belanda, menurut bapak apa yang kakek saya harus lakukan dengan buku ini?, menjualnya ke kolektor atau menyimpannya di museum. hubungi saya di 085759025666 jika anda tertarik

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sebaiknya diserahkan ke Perpustakaan Nasional, Jakarta

      Hapus
  2. Balasan
    1. Maaf, buku-bukunya masih dikoleksi sendiri. Trims atas kunjungannya.

      Hapus
  3. Saya juga punya kondisi 85 persen bagus

    BalasHapus
  4. Minat bisa hubungi saya..085719368422

    BalasHapus

Silahkan berkomentar disini