Kamis, 03 April 2014

Manuskrip kuno dari serat kayu, 250 th.

Yang diunggah 'rare book' ini buku yang sangat langka, baik isinya maupun material kertasnya apalagi usianya, 2.5 abad lebih. 
Terlihat dengan jelas buku langka ini menggunakan kertas yang berserat dan mengkilat. Walaupun belum tahu jenisnya tapi yakin dari serat tumbuhan karena saat dibakar sedikit seratnya yang terlepas, baunya seperti bau kayu terbakar. Mungkin disebut kertas daluang. Maaf kalau keliru.
Covernya dari karton biasa, pasti bukan aslinya. Buku ini berukuran 20 x 27.5 cm, 350 halaman.

Dibawah ini adalah gambar halaman yang menerangkan pemilik buku ini, sedang gambar dibawahnya adalah pembesaran tulisan dan trasliterasinya : "Punika ingkang kagungan parimbon Kangjeng Gusti Pangeran Haryo Mangkubumi, tumurun dhumateng . . . " dst. 
Kanjeng Gusti Pangeran Haryo Mangkubumi adalah nama Sri Sultan Hamengkubuwono I, sebelum mendirikan dan menjadi raja Ngayogyakarta Hadiningrat, pada tahun 1755. Jadi buku ini ditulis sebelum tahun 1755.Kalau mau jelas silahkan 'klik' gambar-gambarnya.

Jadi dari keterangan siapa pemiliknya, bisa diperkirakan, buku langka ini sudah berusia lebih dari 250 tahun
Pada tahun 1750 an untuk menulis, kebanyakan orang masih banyak menggunakan kertas dari bahan/serat tumbuh2an atau binatang.
Sesuai dengan keterangan penulisnya, buku langka ini adalah primbon, bermacam-macam isinya, ada pengobatan, ada cara membuat jimat, cara membuat rajah, tumbal dll. 
Bisa dilihat pada gambar2 dibawah, silahkan di 'klik' aja kalau mau lebih jelas.

Gambar bawah kiri, ada petunjuk pengobatan sakit cacar dari ramuan daun awar, kunyit asam, dilembutkan dan diberi rajah seperti terlihat pada gambar. Sedang gambar sebelah kanannya adalah gambar tumbal berbentuk tikus.

Sejak  'rare book' mendapatkan buka langka ini puluhan tahun yang lalu, belum pernah diperbaiki dan belum pernah dibaca secara detail karena khawatir rusak.

i.gr. 500.00

7 komentar:

  1. Saya juga nggak tahu berapa harganya, buku ini untuk dikoleksi sendiri, kalau mau lihat bisa, saya di Cipulir, Jakarta Selatan.

    BalasHapus
  2. Saya punya buku primbon semacam itu, usia buku +/- 300 - 500 Tahun. silakan kl berminat . buku jaminan asli...

    083862066222
    Alamat Saya :
    Pemalang Jawa Tengah

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bersyukur masih ada yang melestarikan buku-buku bagus, kalau bisa dipertahankan agar tetap berada di Nusantara.

      Hapus
  3. Waaaa ini berharga sekali, Paaak.. 😍😍😍
    Saya jadi pengen ketemu Bapak dan ngobrol soal banyak hal seputar buku-buku langka koleksi Bapak. Kalau Bapak berkenan tentunya. :) ~Tika

    BalasHapus

Silahkan berkomentar disini